3 Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BRI Paling Mudah

RPGames.id, Tagihan — Saat ini cara cek tagihan Kartu Kredit BRI tidak sulit lagi Anda lakukan. Mengapa demikian? Karena Bank BRI memberikan beberapa opsi bagi nasabahnya yang ingin mengetahui tagihan kredit tiap bulannya.

Tujuannya agar nasabah Bank BRI tidak perlu repot mendatangi kantor untuk mencari informasinya.

Pada umumnya cara mengecek tagihan kredit BRI bisa Anda lakukan dengan 5 cara yaitu via Call Center BRI, mesin ATM, SMS Banking BRI, Internet Banking, dan lembar tagihan kredit BRI.

Bagi Anda yang belum pernah mencobanya, bisa mengikuti penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BRI?

Memiliki kartu kredit bagi beberapa orang memang sangat menguntungkan. Akan tetapi, penggunaan kartu kredit yang tidak bijak akan membuat stress para penggunanya.

Untuk mengantisipasinya, Bank BRI mengeluarkan opsi agar nasabah bisa mengetahui tagihan kredit dengan mudah.

1. Menghubungi Call Center untuk Mengecek Tagihan Kartu Kredit

Pada umumnya setiap bank menyediakan layanan Call Center selama 24 jam non stop untuk memberikan kemudahan nasabahnya ketika mengalami kendala tertentu.

Salah satu bentuk pelayanan Call Center yaitu memberikan informasi mengenai tagihan kartu kredit nasabah.

Cara mengecek tagihan kartu kredit BRI dengan layanan Call Center memang dianggap paling mudah dan tidak ribet.

Namun syaratnya, nasabah yang ingin menggunakan layanan Call Center harus memiliki pulsa yang mencukupi untuk bisa mengakses layanan dengan lancar.

  1. Silahkan hubungi layanan Call Center BRI pada nomor 14017. Jika sudah terhubung, maka Anda perlu menjelaskan maksud dan tujuan menghubungi Call Center.
  2. Jelaskan bahwa Anda ingin mengecek tagihan kartu kredit BRI kemudian konfirmasikan mengenai data diri, nomor kartu kredit, dan data lain yang Anda butuhkan.
  3. Petugas Call Center akan melakukan pengecekan data terlebih dahulu, selanjutnya akan menginformasikan terkait tagihan kredit yang harus Anda bayarkan sebagai nasabah.
  4. Dengan menggunakan layanan Call Center, nasabah Bank BRI bisa menanyakan informasi lain yang Anda butuhkan seperti promo, sisa limit kredit, dan info layanan lainnya.

2. Mengetahui Nominal Tagihan Kredit BRI Lewat ATM

Cara cek tagihan Kartu Kredit BRI yang kedua bisa Anda lakukan dengan mendatangi kantor ATM terdekat tempat tinggal.

Cara ini juga dinilai sangat mudah, karena mayoritas masyarakat tentunya sudah familiar dengan penggunaan mesin ATM untuk transaksi keuangan.

  1. Silahkan kunjungi mesin ATM BRI terdekat tempat tinggal, kemudian masukkan kartu dan PIN aktif dengan benar.
  2. Masuk pada halaman menu “Pembayaran”, kemudian pilih “Kartu Kredit” atau KTA.
  3. Pilih nama bank yang Anda butuhkan yaitu BRI, selanjutnya masukkan nomor kartu kredit yang Anda miliki. Tunggu sebentar, mesin ATM akan langsung memperlihatkan jumlah tagihan kredit nasabah yang perlu Anda bayarkan kepada Bank BRI.

3. Mengetahui Tagihan Kredit BRI Lewat Internet Banking

Siapa sih yang tidak mengenal layanan internet banking BRI? Bagi Anda yang menggunakannya bisa melakukan transaksi keuangan dengan mudah dari mana saja.

Namun bagi nasabah yang belum menggunakannya bisa mendatangi kantor cabang BRI dulu untuk mendaftar.

Selain berguna untuk melakukan transaksi keuangan, layanan internet banking juga bisa Anda gunakan untuk mengecek tagihan kartu kredit.

Bagaimana caranya? Ikuti langkah mudah mengecek kredit BRI via internet banking yang akan admin jelaskan berikut ini.

  1. Silahkan masuk pada akun internet banking BRI yang sudah Anda lakukan aktivasi sebelumnya.
  2. Klik menu “Pembayaran” pada halaman utama aplikasi internet banking BRI, kemudian klik opsi “Kartu Kredit” atau KTA.
  3. Tentukan nama bank yang Anda butuhkan, yaitu BRI. Masukkan nomor kartu kredit BRI dengan benar dan lengkap.
  4. Halaman aplikasi internet banking akan memuat informasi mengenai tagihan kartu kredit nasabah yang bersangkutan. Bagi nasabah yang ingin melakukan pembayaran tagihan kredit juga bisa langsung memprosesnya dengan menggunakan internet banking tersebut.

Cara Mengetahui Tagihan Kartu Kredit BRI Via SMS Banking

Adapun cara cek tagihan Kartu Kredit BRI yang paling mudah berikutnya yaitu menggunakan layanan SMS Banking.

Namun sebelum bisa mengakses layanan ini, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah fasilitas SMS Banking dari Bank BRI sudah aktif atau belum.

Untuk bisa mengaktifkan layanan SMS Banking BRI, nasabah bisa meminta bantuan customer service kantor BRI terdekat.

Nantinya Anda akan Admin jelaskan mengenai step by step untuk bisa mengaktifkan dan menggunakan layanan SMS Banking untuk keperluan tertentu.

  1. Tahap awal, silahkan untuk membuka menu SMS yang terdapat pada ponsel nasabah. SMS Banking hanya bisa Anda akses dengan nomor yang sebelumnya sudah Anda daftarkan pada Bank.
  2. Masukkan format BRI BS kartu kredit # 6 digit nomor kartu # tanggal lahir (DD/MM/YY) # alamat email kemudian semua data dikirimkan pada nomor 99333.
  3. Layanan SMS Banking biasanya akan memberikan respon cepat, nasabah akan mengetahui detail tagihan, tanggal jatuh tempo sampai dengan minimum pembayaran.

Cara Mengecek Tagihan Kartu Kredit BRI Melalui Lembar Tagihan

Metode terakhir untuk mengecek tagihan kartu kredit BRI bisa langsung dari lembar tagihan yang pihak Bank BRI berikan.

Biasanya setiap pemegang kartu kredit BRI secara otomatis akan mendapatkan lembar tagihan yang akan dikirimkan oleh Bank BRI tiap bulannya.

Pada lembar tagihan tersebut biasanya tidak hanya menjabarkan total tagihan kredit nasabah, tetapi ada beberapa informasi penting lainnya.

Informasi yang mereka berikan pada lembar tagihan tergantung dengan layanan yang Anda ambil sebagai nasabah Bank BRI tentunya.

Istilah-Istilah yang Muncul Ketika Mengecek Kartu Kredit BRI

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda pastinya harus memahami istilah-istilah yang sering muncul dalam tagihan kartu kredit BRI.

Tujuannya agar pengguna kartu kredit bisa membacanya dengan benar dan mengerti maksud dari masing-masing keterangan tersebut.

  1. Saldo Lama
    Istilah saldo lama maksudnya jumlah tagihan kartu kredit nasabah pada bulan sebelumnya.
  2. Tagihan Baru
    Artinya jumlah semua tagihan yang Anda isesuaikan dengan transaksi baru.
  3. Saldo Baru
    Jumlah nominal yang harus Anda bayarkan, diperoleh dari saldo lama dikurangi dengan total pembayaran kemudian ditambahkan lagi pada total tagihan baru.
  4. Bunga
    Jumlah keseluruhan bunga yang dihitung dari total tagihan apabila nasabah sebelumnya tidak membayarnya penuh. Contohnya Anda memiliki total tagihan sebanyak 1 juta, berarti nasabah harus membayarnya saat jatuh tempo agar tidak terkena bunga oleh Bank BRI.
  5. Biaya Administrasi
    Saat menggunakan beberapa cara cek tagihan Kartu Kredit BRI, Anda akan menemukan istilah biaya administrasi. Biaya tersebut terdiri atas beberapa jenis biaya yang perlu Anda bayarkan sebagai nasabah seperti biaya late charge, biaya materai, dan biaya overlimit.
  6. Personal Loan
    Sudah pernah dengar dengan istilah personal loan? Pinjaman dana yang biasanya Anda gunakan untuk perorangan dalam berbagai keperluan. Bunga pinjaman ini biasanya Anda perhitungkan dengan bunga flat yang jangka waktunya mencapai 36 bulan.

Penutup

Cara cek tagihan Kartu Kredit BRI bisa dilakukan dengan 5 cara yaitu melalui ATM, SMS Banking BRI, Internet Banking BRI, Call Center, dan lembar tagihan yang dikirim oleh Bank BRI.

Sebelum melakukan pengecekan tagihan kredit, sebaiknya pahami istilah-istilah dalam kartu kredit BRI.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar