4 Cara Cek Tagihan Kartu Kredit Mandiri Tanpa Ribet

RPGames.id, Kartu Kredit — Untuk memberikan kemudahan para nasabahnya, Bank Mandiri memberikan beberapa opsi untuk mengetahui tagihan kartu kredit nasabah tiap bulannya.

Bagaimana cara cek tagihan Kartu Kredit Mandiri? Mudah kok, bahkan beberapa opsi tidak mengharuskan nasabah mendatangi kantor bank.

Penggunaan kartu kredit dalam kehidupan sehari-hari memang memberikan kemudahan. Akan tetapi, pengguna kartu kredit harus bijak dalam menggunakannya untuk keperluan tertentu.

Terkadang orang yang memiliki penghasilan mencukupi masih kebingungan saat melihat tagihan kartu kreditnya sendiri.

Bagaimana Cara Cek Tagihan Kartu Kredit Mandiri?

Tagihan kartu kredit sebaiknya tidak hanya Anda pantau ketika memasuki tenggang waktu pembayaran saja. Mengapa demikian?

Karena khawatir ada tagihan tidak terduga yang membuat pengelolaan uang menjadi berantakan. Agar penggunaan kredit Mandiri tetap terkontrol, ikuti prosedur berikut ini.

1. Mengetahui Tagihan Kartu Kredit Mandiri Melalui ATM Terdekat

Cara pertama mengecek tagihan kartu kredit bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan mesin ATM terdekat dari tempat tinggal.

Jadi bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan mesin ATM dalam berbagai transaksi tentunya sudah tidak takut mengalami kesalahan.

Namun terkadang bagi pemula yang belum pernah menggunakannya agak sedikit kebingungan.

Untuk mengetahui tagihan kartu kredit pribadi dengan mesin ATM, ikuti prosedur lengkap yang akan Admin jabarkan berikut ini.

  1. Kunjungi kantor ATM terdekat kemudian silahkan masukkan kartu kredit pada mesin ATM dengan posisi yang benar sesuai kartu pada umumnya.
  2. Masukkan PIN kartu kredit Mandiri yang masih aktif untuk melanjutkan tahap berikutnya.
  3. Silahkan pilih bank penerbit kartu kredit yang Anda butuhkan, lalu input 16 digit kartu kredit.
  4. Tidak perlu menunggu waktu lama, layar ATM akan menunjukkan jumlah tagihan dan jumlah tagihan minimum yang perlu Anda bayarkan sebagai nasabah.
  5. Masukkan nominal pembayaran yang Anda butuhkan, kemudian tekan “OK” jika Anda ingin membayarnya langsung. Namun jika pembayaran tidak langsung Anda lakukan tekan.
    “Kembali”. Proses pengecekan kartu kredit lewat ATM sudah selesai Anda lakukan.

2. Cara Mengetahui Tagihan Via SMS Banking

Bagi pengguna kartu kredit Bank Mandiri, bisa mencoba mengecek tagihan kartu kredit via SMS banking. Apakah sudah pernah mempraktekkan cara cek tagihan Kartu Kredit Mandiri lewat sms banking?

Cara ini dinilai mudah dan simpel, karena hanya dilakukan dengan prosedur berikut ini.

  1. Nasabah membuka layanan SMS banking dengan mengetik TGH (spasi) KK (spasi) 16 digit nomor kartu kredit (spasi) 6 digit tanggal lahir nasabah yang dibuat format dd/mm/yy kemudian kirimkan ke nomor 3355.
  2. Hanya dengan mengetikkan beberapa pesan tersebut, pihak Bank Mandiri akan segera mengirimkan SMS balasan terkait jumlah tagihan kredit Mandiri yang perlu Anda bayarkan oleh nasabah.

3. Tips Mengecek Tagihan Kredit Mandiri Via M-Banking

Bank Mandiri juga menyediakan fasilitas yang memudahkan para nasabahnya bisa melakukan transaksi keuangan secara online dengan menggunakan Mobile Banking.

Namun untuk bisa menggunakannya, Anda memang harus mendatangi kantor Bank Mandiri terlebih dahulu.

Nantinya pihak customer service Bank Mandiri akan membantu nasabah dalam melakukan pendaftaran via Mobile Banking.

Selain bisa Anda gunakan transaksi keuangan, Anda juga bisa memanfaatkan M-Banking untuk mengecek tagihan kartu kredit. Bagaimana caranya?

  1. Silahkan masukkan username dan password untuk bisa login pada aplikasi Mandiri Mobile. Pengguna M-Banking juga bisa memanfaatkan sidik jari dan juga face ID untuk memudahkan login pada aplikasi tersebut.
  2. Klik opsi “Info Total Pagi” yang terdapat pada kolom kartu kredit tepatnya pada halaman utama aplikasi M-Banking.
  3. Jika koneksi Anda tidak lemot, maka aplikasi akan segera memuat limit dan histori transaksi secara lengkap sesuai permintaan. Silahkan pilih kartu kredit yang akan Anda cek tagihan pembayarannya berapa.
  4. Klik “Cek Limit” sehingga halaman akan memuat tagihan berjalan, lalu pilih ikon “Tanda Seru” untuk bisa mengetahui detail limit kartu kredit.
  5. Tidak perlu menunggu waktu lama, limit beserta histori transaksi akan ditampilkan pada halaman aplikasi M-Banking.

4. Mengetahui Tagihan Via Call Center

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tagihan kartu kredit Mandiri yaitu via Call Center.

Setidaknya bagi nasabah yang mager dan tidak memiliki aplikasi M-Banking, bisa memanfaatkan cara mudah ini untuk mengecek tagihan kartu kredit.

Bagi nasabah Bank Mandiri yang ingin menggunakan layanan Call Center tidak perlu khawatir Anda batasi, karena Call Center bekerja 24 jam non stop setiap harinya.

Dengan layanan Call Center kita harapkan bisa membantu mengatasi setiap permasalahan para nasabah.

  1. Silahkan hubungi nomor aktif Mandiri Call Center 14000 kemudian tekan tombol telepon pada handphone.
  2. Ketika sudah tersambung dengan Call Center, nasabah perlu menjelaskan tujuan atau keperluan menghubungi Call Center Bank Mandiri.
  3. Jelaskan kepada pihak Call Center bahwa Anda ingin melakukan pengecekan tagihan kartu kredit atau informasi lainnya. Nantinya pihak Call Center akan menanyakan terkair data diri nasabah dan nomor kartu kredit.
  4. Pihak Call Center akan langsung memberitahukan terkait kebenaran data nasabah lengkap jumlah tagihan kredit Mandiri yang perlu Anda bayarkan.

Cara cek tagihan Kartu Kredit Mandiri memang mudah Anda lakukan, namun Anda harus memiliki pulsa yang mencukupi.

Tujuannya agar nasabah lebih mudah tersambung pada pihak Call Center Mandiri dan bisa mengakses layanan sesuai dengan keperluannya masing-masing sampai selesai.

Istilah-Istilah dalam Tagihan Kartu Kredit Mandiri

Kartu kredit kini menjadi alat pembayaran utama yang sering digunakan oleh masyarakat di kota-kota besar.

Untuk bisa menggunakan kartu kredit secara bijak, maka Anda perlu mengetahui istilah-istilah dalam kartu kredit berikut ini.

  1. Nomor Kartu artinya nomor akun yang terdiri atas 16 digit tertulis pada kartu fisik.
  2. Tagihan Baru (Rp) berisi tentang informasi saldo terutang sesuai dengan tanggal cetak.
  3. Pembayaran Minimum (Rp) dalam kartu kredit Mandiri sekitar 10% dari saldo terutang atau  Rp50.000,-.
  4. Tanggal Jatuh Tempo artinya nasabah harus melakukan pembayaran kartu kredit sesuai dengan pembayaran minimum yang Anda miliki. Biasanya tanggal jatuh tempo 20 hari sejak tanggal cetak sudah diberlakukan.
  5. Selanjutnya Tanggal Cetak maksudnya tanggal penagihan transaksi serta saldo terutang yang ditentukan tiap bulannya bagi masing-masing nasabah.
  6. Tanggal Transaksi memuat informasi mengenai penggunaan kartu kredit, baik untuk pembayaran belanja, tarik tunai, transfer, dan keperluan lainnya.
  7. Tanggal Pembukuan, setiap transaksi para pemilik kartu kredit nantinya akan dibukukan atau dibebankan langsung oleh rekening kartu kredit.
  8. Keterangan berkaitan dalam setiap transaksi penggunaan kartu kredit sesuai dengan jenis transaksi yang Anda lakukan sebagai nasabah.
  9. Pagu Kredit yaitu batas jumlah kredit yang bisa Anda gunakan sebagai nasabah.
  10. Total Pagu, nasabah yang memiliki kartu kredit lebih dari satu maka memiliki kesempatan mendapatkan total penggunaan kartu kredit.
  11. Sisa Pagu Kredit, sisa limit kartu kredit yang masih bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan transaksi.

Penutup

Cara cek tagihan Kartu Kredit Mandiri bisa Anda lakukan dengan 4 cara yaitu via ATM, SMS banking, Mobile Banking, dan menghubungi Call Center Mandiri.

Mengecek tagihan kredit secara berkala penting untuk dilakukan agar nasabah bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

Tinggalkan komentar