Cara Membuat Kartu Kredit BRI Tanpa Slip Gaji (Syarat & Ketentuan)

RPGames.id, Kartu Kredit — Kartu kredit BRI banyak dilirik karena dianggap mampu memberikan solusi untuk keperluan transaksi. Dan salah satu syarat mengajukan kartu kredit BRI adalah slip gaji.

Bagaimana jika tidak memilikinya? Tentunya Anda perlu mengetahui cara membuat kartu kredit BRI tanpa slip gaji yang tepat.

Ya, meskipun bekerja pada perusahaan besar, banyak pekerja yang tidak mendapatkan slip gaji dan hanya transfer gaji setiap bulannya.

Hal ini tentu menjadi kendala tersendiri terutama jika ingin mengajukan kartu kredit BRI. Sebagai solusinya, silakan simak baik-baik informasi berikut ini.

Syarat Membuat Kartu Kredit BRI

Sebelum membahas bagaimana cara membuat kartu kredit BRI bagi yang tidak memiliki slip gaji, ada baiknya Anda mengetahui apa saja persyaratan yang harus Anda penuhi dalam pengajuan kartu kredit tersebut. Beirkut ini penjelasannya.

  1. Minimal berusia 21 tahun.
  2. Fotokopi KTP.
  3. Kemudian fotokopi rekening tabungan untuk 3 bulan terakhir.
  4. Fotokopi NPWP.
  5. Memiliki penghasilan minimal Rp3.000.000 dan slip gaji.

Syarat tersebut merupakan syarat umum dan tidak menutup kemungkinan adanya syarat lainnya sesuai jenis kartu kredit BRI yang Anda pilih.

Cara Membuat Kartu Kredit BRI Tanpa Slip Gaji Apakah Bisa?

Berdasarkan syarat yang telah Admin jelaskan sebelumnya, salah satu syarat adalah melampirkan slip gaji. Jika Anda tidak memiliki slip gaji, apakah masih bisa mengajukan kartu kredit BRI?

Dalam hal ini ada beberapa hal yang akan jadi pertimbangan pihak bank jika Anda tidak memiliki slip gaji, yaitu sebagai berikut:

1. SKP (Surat Keterangan Penghasilan)

Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki slip gaji karena bisa mengajukan kartu kredit BRI dengan SKP.

Berbeda dengan slip gaji yang berisi rincian pendapatan secara detail, SKP berupa surat resmi mengenai pendapatan pekerja yang dikeluarkan oleh bagian keuangan.

Sementara bagi wirausahawan bisa membuat SKP atas dirinya sendiri sesuai dengan penghasilan yang didapatkan setiap bulannya.

2. Menggunakan Jaminan Deposito

Selain SKP, Anda juga bisa menggunakan jaminan lainnya berupa deposito. Yaitu jenis simpanan bank yang penarikannya tidak bisa setiap saat seperti tabungan.

Biasanya ada jangka waktu penarikan tertentu seperti 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan 24 bulan.

Jika Anda memiliki deposito dan ingin mengajukan kartu kredit BRI maka bisa menggunakannya sebagai jaminan pengajuan pengganti slip gaji.

3. Memiliki Rekening Tabungan

Tidak punya slip gaji dan deposito? Tenang saja, karena Anda bisa tetap mengajukan kartu kredit BRI dengan menggunakan rekening tabungan.

Jika saldo pada rekening tabungan Anda cukup besar, maka hal itu akan menjadi pertimbangan tersendiri sebagai pengganti slip gaji.

Ada baiknya datang langsung ke BRI dan menjelaskan secara detail mengenai kondisi Anda yang tidak memiliki slip gaji namun ada rekening tabungan dengan saldo yang lumayan besar.

Jika pengajuan disetujui, pihak bank akan langsung memproses pengajuan Anda.

4. Rekening Koran

Cara membuat kartu kredit BRI tanpa slip gaji bisa dengan rekening koran. Meskipun tidak memiliki slip gaji, Anda juga bisa menggunakan rekening koran untuk mengajukan kartu kredit BRI.

Silakan lampirkan rekening koran atau bukti transaksi dalam periode tertentu, yaitu 3 – 6 bulan. Hal ini untuk mengetahui apakah Anda termasuk nasabah yang aktif dalam bertransaksi atau tidak.

Rekening koran juga bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk mengetahui kemampuan finansial nasabah. Termasuk jika Anda adalah seorang wirausahawan atau freelancer yang tentunya tidak memiliki slip gaji.

5. Melalui Lembaga Keuangan

Cara lainnya yang bisa Anda coba untuk mengajukan kartu kredit BRI tanpa slip gaji adalah dengan melalui lembaga keuangan. Hal ini bisa Anda jadikan pilihan terakhir jika pengajuan Anda selalu mengalami kegagalan.

Cara Membuat Kartu Kredit BRI Tanpa Slip Gaji Bulanan

Setelah semua persyaratan yang telah Admin jelaskan sebelumnya lengkap, maka Anda bisa mengajukan kartu kredit BRI melalui beberapa cara seperti berikut ini:

1. Datang Langsung ke Kantor Cabang BRI Terdekat

Untuk mengajukan kartu kredit BRI, Anda bisa datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat yang ada pada wilayah tempat tinggal Anda.

Semua persyaratan yang sudah Anda persiapkan bisa Anda bawa dan nantinya Anda akan mengisi formulir pengajuan kartu kredit BRI.

Berkas dokumen yang Anda serahkan nantinya akan dikirim ke kantor pusat dan Anda akan diminta untuk menunggu. Nantinya akan dilakukan verifikasi data terkait riwayat kredit Anda, apakah bebas hutang.

Biasanya proses pengajuan kartu kredit BRI memerlukan waktu sekitar 14 hari kerja. Anda harus menunggu konfirmasi dari pihak bank untuk tahap wawancara.

Pada tahap ini Anda akan ditanya mengenai data pribadi, orang tua, hingga pekerjaan.

Pihak bank juga akan melakukan konfirmasi pada tempat Anda bekerja untuk mengetahui kebenaran dari informasi yang telah Anda berikan.

Jika semua proses tersebut sudah selesai, maka Anda perlu bersabar menunggu keputusan bank, apakah pengajuan diterima atau tidak.

2. Membuat Kartu Kredit BRI Secara Online

Cara membuat kartu kredit BRI tanpa slip gaji juga bisa Anda lakukan secara online dengan sangat praktis. Adapun langkah-langkahnya adalah seperti berikut:

  1. Pertama silakan kunjungi situs kartukredit.bri.co.id/apply  atau britouch.bri.co.id.
  2. Melalui situs tersebut Anda bisa mengetahui beragam promo yang tersedia dan jika masih bingung mau memilih jenis kartu kredit yang mana maka bisa mengakses menu section questionnaire.
  3. Pada menu tersebut Anda akan menjawab 4 pertanyaan dan pada akhir sesi akan muncul informasi terkait jenis kartu kredit yang cocok untuk kebutuhan Anda.
  4. Sebagai contoh, jika yang direkomendasikan adalah jenis atau tipe kartu kredit BRI Easy maka Anda bisa mengakses situs kartukreditbri.co.id/apply dan kemudian memilih opsi Apply pada kartu kredit BRI Easy Card.
  5. Nantinya akan muncul syarat dan ketentuan dan Anda perlu menyetujuinya dengan klik pada toolbox kemudian pilihlah menu Mulai Mengisi.
  6. Selanjutnya Anda harus melakukan pengisian data dan informasi secara lengkap dan benar, seperti nomor telepon dan alamat email yang masih aktif.
  7. Silakan ikuti instruksi yang diperintahkan dan tunggu proses pengajuan kartu kredit.
  8. Nantinya Anda akan mendapatkan pemberitahuan mengenai pengajuan kartu kredit BRI secara online melalui telepon atau email yang telah Anda cantumkan sebelumnya.

Jenis-Jenis Kartu Kredit BRI, Limit dan Biaya Overlimit

Jika Anda mengajukan kartu kredit BRI tentunya harus mengetahui apa saja jenis kartu kredit yang tersedia sehingga bisa memilih sesuai kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa jenis kartu kredit BRI yang perlu Anda ketahui:

Jenis Kartu KreditLimit Kartu KreditMinimal PenghasilanBiaya Overlimit
BRI Easy CardRp5.000.000 – Rp25.000.000Rp3.000.000/bulanRp50.000
BRI PlatinumRp25.000.000 – Rp50.000.000Rp8.500.000/bulanRp125.000
BRI Visa TouchRp5.000.000 – Rp50.000.000Rp3.000.000/bulanRp75.000
JCB PlatinumRp15.000.000 – Rp75.000.000Rp5.000.000/bulanRp150.000
BRI Corporate CardRp5.000.000 – Rp1.000.000.000Rp5.000.000/bulanRp400.000

Penutup

Tentunya cara membuat kartu kredit BRI tanpa slip gaji yang telah Admin jelaskan tersebut bisa Anda jadikan acuan sebelum melakukan pengajuan.

Pastikan jenis kartu kredit yang Anda pilih sesuai kebutuhan dan penghasilan Anda mencukupi untuk mengajukan kartu kredit BRI yang Anda inginkan.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar