7 Cara Menutup Kartu Kredit Anz dengan Lengkap

RPGames.id, Umum — Salah satu kartu kredit yang juga banyak digunakan oleh masyarakat saat ini adalah kartu kredit dari Bank Anz. Bukan hanya mengajukan penggunaan kartu kredit tapi banyak juga orang yang ingin tahu bagaimana cara menutup kartu kredit Anz dengan mudah.

Penutupan kartu kredit ini didasari dengan berbagai macam alasan.

Misalnya sudah tidak mau menggunakan kartu kredit dari bank manapun atau karena jumlah kartu kredit yang Anda miliki saat ini sudah terlalu banyak, sehingga harus Anda tutup sebagian.

Penjelasan lebih lanjut terkait hal ini bisa Anda simak pada ulasan berikut!

Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Menutup Kartu Kredit Anz

Tak hanya cara menutup kartu kredit Anz saja, tetapi Anda juga harus memerhatikan beberapa hal penting sebelum mulai menutup kartu kredit dari Bank Anz.

Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum menutup kartu kredit Anz:

1. Pahami dan Pelajari Bagaimana Syarat dan Ketentuannya

Untuk proses penutupan kartu kredit biasanya akan melalui proses yang cukup rumit dan tidak mudah. Maka dari itu Anda sebagai nasabah harus benar-benar paham dengan syarat dan juga ketentuan yang ada di dalamnya.

Jangan sampai nantinya muncul kesalahpahaman karena Anda belum paham dengan syarat dan ketentuan yang pihak kartu kredit berikan.

Apabila nasabah sudah mengerti dengan persyaratan penutupan kartu kredit tersebut, prosesnya pun tidak akan berulang.

Proses yang berulang nantinya akan menambah panjang proses dan semakin rumit. Anda juga harus ingat bahwa setiap bank tentu memiliki syarat dan ketentuan masing-masing.

Maka proses penutupannya akan memiliki kebijakan serta alur yang tidak sama antar bank.

2. Perhatikan Kapan Waktu yang Tepat untuk Menutup Kartu Kredit

Sebelum mulai menutup kartu kredit perhatikan juga kapan waktu penutupannya. Pastikan Anda sudah melakukan penutupan kartu kredit sebelum waktu untuk membayar tagihan dari pihak bank.

Apabila Anda sudah memutuskan untuk tak lagi menggunakan kartu kredit, maka segeralah menutup kartu kredit tersebut.

Sehingga Anda akan terhindar dari pembebanan jumlah tagihan dari setiap tahunnya yang harus Anda bayarkan.

Pada saat iuran tahunannya sudah diberikan maka nasabah pun akan lebih sulit dalam menutup kartu kredit. Proses penutupan memerlukan waktu yang lebih lama dan ada banyak hal yang harus Anda urus.

3. Pastikan Sudah Membatalkan Seluruh Pembayaran Otomatis

Kartu kredit biasanya akan berguna untuk membayar tagihan dengan otomatis. Supaya proses pembayarannya bisa Anda lakukan dengan lebih praktis dan mudah.

Tapi sebelum Anda melakukan cara menutup kartu kredit Anz, pastikan Anda juga sudah membatalkan seluruh pembayaran otomatis.

Tujuannya yaitu untuk mencegah terjadinya pembayaran ganda pada tagihan, yang nantinya hanya akan merugikan Anda.

Maka pastikan dahulu bahwa pembatalan pembayaran secara otomatis sudah Anda lakukan. Waktu yang pas untuk membatalkan segala jenis pembayaran otomatis adalah sebulan sebelum Anda menutup kartu kredit Anz tersebut.

Anda pun bisa memastikan tagihan dari kartu kredit telah Anda batalkan dan sudah Anda nonaktifkan.

4. Lunasi Seluruh Cicilan yang Masih Ada

Jika masih ada tagihan atau cicilan yang harus Anda bayar dari kartu kredit Anz tersebut maka Anda harus melunasinya terlebih dulu.

Tak boleh ada cicilan sekecil apapun karena hal itu hanya akan menyulitkan proses penutupan kartu kredit.

Seluruh tagihan yang menggunakan kartu kredit harus dilunasi, dan proses pelunasannya pun harus Anda lakukan beberapa waktu sebelum Anda mulai merencanakan penutupan kartu kredit itu sendiri.

Apalagi jika pembayaran cicilan Anda lakukan dari bank yang berbeda selain Bank Anz misalnya, maka hal itu akan memakan waktu beberapa hari lamanya.

5. Gunakan Seluruh Poin Reward

Jangan lupa dengan poin reward yang Anda peroleh selama penggunaan kartu kredit tersebut. Banyak orang yang lupa menggunakan poin reward tersebut dan benar-benar tidak memanfaatkannya.

Poin reward yang sudah Anda peroleh bisa Anda tukar dengan beragam voucher belanja yang menguntungkan. Apalagi untuk para nasabah yang sudah menggunakan kartu kredit dalam waktu yang lama.

Tentu jumlah poin rewardnya pun sudah banyak dan sayang jika tidak Anda gunakan. Maka sebelum menutup kartu kredit, Anda harus menggunakan poin reward tersebut terlebih dahulu.

Cara Menutup Kartu Kredit Anz dengan Efektif dan Mudah

Setelah paham dengan hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam menutup kartu kredit, kini kita beralih pada langkah-langkah dan cara menutup kartu kredit Anz Indonesia dengan cepat dan mudah seperti berikut ini:

1. Lunasi Tagihan Kartu Kredit

Kartu kredit Anz tidak akan bisa Anda tutup selama nasabah masih memiliki cicilan atau tagihan yang belum Anda bayar.

Baik tagihan yang telah Anda cetak, tagihan yang masih berjalan, tagihan cicilan, dan juga transaksi yang masih menggantung/pending.

Pastikan seluruh jenis tagihan tersebut sudah Anda lunasi terlebih dulu. Cara paling mudah untuk mengetahui berapa sisa tagihan yang harus Anda bayarkan untuk menutup kartu kredit, adalah dengan menghubungi call center Anz.

Jika Anda masih memiliki cicilan tetap maka minta juga pada pihak call center tersebut untuk membatalkan cicilan.

Namun dengan ketentuan Anda harus membayar biaya penalty percepatan pelunasan dari cicilan tetap tersebut.

2. Memastikan Jumlah Kartu Kredit yang Anda Miliki

Ada salah satu kejadian mengenai nasabah yang hanya memperoleh satu buah kartu kredit saja, tapi terdaftar pada bank terkait memiliki dua atau lebih kartu kredit.

Biasanya hal itu terjadi jika pengiriman kartu kredit yang kedua gagal lalu dihancurkan, walaupun secara fisik kartu kredit ini telah dihancurkan tapi bukan berarti kartu kredit sudah berhasil ditutup.

3. Menghubungi Call Center Anz/DBS

Proses dalam menutup kartu kredit hanya dapat Anda lakukan dari call center sehingga Anda tak usah datang ke kantor cabang dari Bank Anz tersebut, untuk melakukan penutupan.

Hal yang paling penting dan harus Anda lakukan adalah hubungi call center pada jam-jam kerja agar Anda bisa terhubung secara langsung pada bagian penutupan kartu kredit tersebut.

4. Mengaktifkan Handphone

Jika Anda menghubungi pihak call center bukan di jam kerja atau layanan penutupannya sedang sibuk, sampai sulit untuk tersambung lagi dan Anda perlu menunggu konfirmasi dalam waktu tiga hari kerja maka pastikan HP dalam keadaan aktif.

5. Konfirmasi Ulang

Setelah tiga hari kerja pastikan Anda juga melakukan konfirmasi ulang dan hubungi call center kembali, untuk memastikan apakah kartu kredit Anda sudah ditutup atau belum.

Hal ini juga wajib Anda lakukan untuk menghindari kemungkinan kartu masih tetap aktif.

6. Pastikan Ada Surat Penutupan Kartu atau Surat Lunas

Tanyakan juga pada call center kapan dan ke mana surat lunas atau surat penutupannya akan dikirim ke mana.

7. Gunting Kartu Kredit

Jika kartu kredit sudah benar-benar ditutup maka gunting kartu tersebut dengan tujuan agar tidak tercecer, yang bisa disalahgunakan oleh orang lain untuk reactive kartu tersebut.

Penutup

Langkah dan cara menutup kartu kredit Anz yang sudah diuraikan di atas ternyata cukup mudah, selama cicilan atau tagihannya sudah dilunasi dan tidak ada urusan yang belum terselesaikan.

Maka prosesnya pun akan lebih cepat dan mudah, karena tak ada yang harus diurusi lagi.

Tinggalkan komentar