Cara Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri (Syarat & Nominal)

RPGames.id, Perbankan — ‘Cara Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri’. Butuh dana mendesak? Tarik tunai kartu kredit tampaknya bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Terutama bagi pengguna kartu kredit Bank Mandiri, kini bisa melakukan tarik tunai kredit dengan cepat dan mudah. Bagaimana kira-kira cara tarik tunai kartu kredit ini?

Tarik tunai Mandiri bisa Anda lakukan dengan mudah melalui ATM Mandiri. Namun sebelum menggunakan layanan tarik tunai ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh nasabah.

Tujuannya tidak lain agar nasabah tidak mengalami kegagalan dalam pembayaran kredit.

Ketahui Cara Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Perlu Anda ketahui, pemilik kartu kredit Mandiri bisa melakukan tarik tunai sampai 60% dari total limit yang tersedia dalam kartu.

Tidak hanya itu, nasabah yang melakukan tarik tunai juga harus membayar biaya sekitar 6% untuk setiap transaksi tarik tunai sebagai biaya administrasi.

Untuk bisa melakukan tarik tunai ini, setiap nasabahnya harus menggunakan mesin ATM Mandiri atau ATM berlogo Cirrus atau Plus.

Sebelum mendatangi mesin ATM, pastikan Anda membawa kartu kredit kemudian ikuti langkah-langkah yang ada berikut ini:

  • Tahap pertama, silahkan mendatangi gerai ATM terdekat tempat tinggal sambil membawa kartu kredit Mandiri. Pilih ATM khusus Bank Mandiri atau ATM bersama dengan logo Cirrus atau Plus agar proses tarik tunai bisa berjalan lancar dan tidak terkendala.
  • Ketika sudah sampai mesin ATM, silahkan masukkan kartu kredit Mandiri pada slot yang sudah tersedia, lalu masukkan PIN aktif sebanyak 6 digit.
  • Pada halaman selanjutnya, Anda harus memasukkan nomor PIN kartu kredit yang benar. Jika nomor kartu kredit sudah benar, maka nasabah perlu memilih beragam pilihan menu pada layar ATM sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  • Klik menu “Tarik Tunai” kemudian masukkan nominal uang yang ingin Anda tarik sesuai dengan kebutuhan. Setelah selesai input nominal kartu kredit, maka ATM akan segera memproses permintaan Anda.
  • Tunggu konfirmasi penarikan dan silahkan tentukan pilihan perlu cetak struk atau tidak. Tunggu sebentar sampai uang keluar dari ATM dan proses tarik tunai sudah selesai.

Syarat yang Harus Anda Penuhi

Mudah bukan cara tarik tunai ini? Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, ada persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum bisa melakukan tarik tunai kartu kredit.

Ketika nasabah belum memenuhi persyaratan yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri, maka tarik tunai kartu kredit tidak berhasil.

1. Nasabah Masih Memiliki Sisa Limit

Sebelum tarik tunai lewat ATM, maka pastikan bahwa Anda masih memiliki sisa limit pada kartu kredit.

Selain itu, nasabah juga perlu memastikan persediaan limit masih mencukupi untuk Anda gunakan sebesar 60% dari total limit yang masih tersedia.

Saat sisa limit yang tersedia dalam kartu kredit tidak mencukupi, maka tentunya Anda tidak bisa melakukan tarik tunai sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan.

Tidak ada salahnya untuk mengecek informasi saldo limit kartu kredit lebih dulu sebelum melakukan penarikan.

2. Kartu Kredit Masih Aktif Anda Gunakan

Syarat bisa melakukan tarik tunai kartu kredit Mandiri yaitu memastikan bahwa kartu kredit masih aktif Anda gunakan.

Jika sudah lama tidak Anda gunakan, sebaiknya lakukan pengecekan dulu pada pihak bank untuk memastikan kartu kredit masih bisa Anda gunakan atau mungkin sudah terblokir. Cara tarik tunai mudah Anda lakukan asalkan kartu kredit masih aktif.

Jika kartu kredit tidak aktif, maka Anda perlu mendatangi kantor cabang Mandiri untuk meminta bantuan mengaktifkan kartu kredit kembali, baru selanjutnya bisa melakukan tarik tunai sesuai ketentuan.

3. Menggunakan ATM Mandiri

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan tarik tunai kartu, sebaiknya langsung gunakan ATM Bank Mandiri saja.

Hal ini akan memberikan nasabah kemudahan untuk melakukan tarik tunai dengan cepat tanpa ada hambatan.

Namun jika disekitar lokasi Anda sulit ditemukan ATM Mandiri, maka nasabah bisa mencari ATM dengan logo Cirrus atau Plus.

ATM dengan kedua logo tersebut akan memudahkan setiap nasabah dalam melakukan tarik tunai sesuai jumlah yang Anda inginkan.

Berapa Batas Nominal untuk Melakukan Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri?

Mungkin masih banyak nasabah Bank Mandiri yang belum memahami terkait batas minimal melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit.

Jumlah pinjaman yang bisa Anda lakukan biasanya ditentukan berdasarkan limit kartu kredit tersedia yang dimiliki masing-masing nasabah.

Nilai pinjaman yang bisa Anda dapatkan dalam tarik tunai kartu kredit sekitar 50% dari sisa limit kredit.

Pinjaman tunai nantinya akan langsung masuk dalam rekening pribadi nasabah, kemudian untuk masalah tagihannya akan masuk pada tagihan kartu kredit tiap bulannya.

Sebenarnya Anda bisa mencicil pinjaman tiap bulannya agar nominal pinjaman tidak terlalu besar dan memberatkan. Dana tunai dalam kartu kredit umumnya tidak sama dengan tarik tunai kredit via ATM.

Perbedaannya memang terletak pada jumlah maksimal dana yang bisa diambil berdasarkan bunganya.

Setiap nasabah Bank Mandiri juga bisa melakukan tarik tunai kredit lewat ATM. Akan tetapi, tarik tunai kartu kredit lewat ATM memang mewajibkan semua nasabah untuk membayar bunga yang relatif tinggi.

Oleh sebab itu, pastikan untuk memahami terkait bunga dan biaya lainnya sebelum tarik tunai kredit.

Ketentuan yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Tarik Tunai Kredit Mandiri

Selain harus memperhatikan syarat dan batas nominal penarikan, pengguna kartu kredit Mandiri juga perlu memahami ketentuan lain saat akan melakukan tarik tunai.

Dengan memperhatikan segala ketentuan yang ada, maka Anda bisa mempertimbangkan ingin tarik tunai dalam jumlah kecil atau besar.

  1. Cara tarik tunai saat ini semakin mudah karena menggunakan teknologi chip. Namun dengan menggunakan teknologi chip, maka nasabah Bank Mandiri memiliki batas minimal tarik tunai sebesar Rp15 juta dalam satu rekening per hari.
  2. Kartu kredit Mandiri juga menggunakan teknologi magnetik strip, sehingga maksimal tarik tunai yang Anda butuhkan sebesar Rp10 juta per rekening dalam satu hari.
  3. Setiap penarikan kartu kredit Mandiri nantinya akan dikenakan biaya sebesar 6% atau batas nominal penarikan sekitar Rp100 ribu saja.
  4. Untuk jumlah tarik tunai kartu kredit Mandiri maksimalnya sekitar 60% dari sisa limit yang sudah dimiliki oleh masing-masing nasabah.
  5. Ada bunga bulanan sekitar 2,25% yang harus Anda bayarkan sebagai nasabah ketika menggunakan layanan tarik tunai kredit.

Penutup

Setelah mengetahui segala ketentuan yang perlu ditaati nasabah saat melakukan tarik tunai kartu kredit Mandiri, apakah Anda tertarik melakukan tarik tunai kredit Mandiri?

Sebaiknya pertimbangkan dengan matang saat melakukan tarik tunai kredit, mengingat bunga dan biayanya yang tidak sedikit.

Walaupun cara tarik tunai ini memang mudah dilakukan, namun sebaiknya Anda harus memastikan kemampuan untuk membayar cicilan tepat waktu.

Pembayaran cicilan kredit yang tepat waktu akan membuat nasabah terhindar dari hutang besar karena bunga tidak bertambah banyak.

Tinggalkan komentar